Catatan Harian

Insya Allah You’ll Find Your Way

Insya allah…(3x)

You’ll find your way

Kalau kata Maher Zain begitu bilangnya.

http://www.pixabay.com

A fiew minutes after pray maghrib, my student came to me. She gave me some questions about my study.

Ukhti capek enggak kuliah sambil kerja?”

One of the questions like that. I just smiled into her and I answered,

“Of course, both of them made me tired.”

Ana pengen kayak Ukhti. Bisa kuliah dari uang sendiri. Ana enggak mau bergantung lagi sama orang tua. Soalnya ana enggak di bolehin kuliah sama orang tua.”

Why?”

“Katanya buat apa kuliah nanti juga perempuan mah bakal balik lagi ke dapur.”

I smiled.

“Padahal penting bangef ya Ukhti pendidikan itu buat seorang perempuan juga?”

Yes, education is very important for every single person. Including for woman. Because woman will teach their child and for that is needed some knowledge. Kalau misal Ibunya bodoh gak tahu apa-apa kan nanti sayang gak bisa didik anaknya.”

My student just silence.

“Kamu hanya perlu meyakinkan kedua orang tua kamu bahwa pendidikan tinggi juga sangat penting bagi seorang perempuan. Dari sekarang lebih rajin lagi belajarnya, cari-cari info beasiswa. Kalau misal di akhir nanti kedua orang tua kamu masih gak setuju dengan keputusanmu kamu mau gimana? Inget lho ridhollohi fii ridho walidaini.”

“Iya sih Ukhti, kalau kayak gitu berarti ana harus cari uang sendiri buat biayain kuliah ana nanti.” Jawabnya sambil menarik nafas panjang. “Pokoknya kerja apa aja yang penting bisa kuliah!”

“Coba deh baca bukunya Merry Riana yang Mimpi Sejuta Dolar.” Kataku dan muridku itu menganggukkan kepala. “Kalau seandainya kamu gap year gimana?”

Gap year itu?”

“Iya berhenti setahun dulu, gak langsung kuliah. Kayak Ukhti.

Dia diam sambil menelan air liurnya.

“Kuliah bisa kapan aja kok. Selama niat dan tekad yang kuat Allah pasti kasih kamu jalan. Apalagi ini buat nyari ilmu. Misal kamu gak keterima di tahun pertama terus orang tuamu masih gak setuju sehingga gak kasih kamu biaya, ya kamu bisa cari kerja dulu nabung habis itu kuliah. Dipastikan dulu dari sekarang niat, tekad dan tujuan kamu. Tetap semangat ya!”

Adzan isya berkumandang, muridku pamit untuk pergi ke masjid.

Tasikmalaya, October 13 2019

Ihat Azmi

Avatar

De Ihat

Hi! I'm Ihat. Here, I just want to share about my life, my thought, and also my feeling. Enjoy with me :)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *