Catatan Harian

Belajar Ikhlas

Lama gak nulis di sini nih. Hallo semuanya! How’s it going? Everything is fine? Alhamdulillah, I’m great. Meski yaahh hati tetep aja galau dan gak bisa istiqomah.

Kenapa? Ya kan janjinya mau rajin nulis di sini tapi masih aja pindah-pindah ke tempat yang lain. Nyari yang bikin nyaman? Iya. Tapi pas ditelaah lagi kayaknya bukan deh. Jujur sih aku masih nyari pembaca. Iya nyari pembaca biar tulisan aku banyak yang baca terus bisa terkenal gitu. Astaghfirullah.

Aku nulis ini sebenarnya sambil nasehatin diri sendiri. Capek juga kalau kita berkarya buat orang lain. Maksudku berkarya dengan niat biar dipuji orang lah, biar bikin kita terkenal lah, atau biar punya followers gitu. Sebenarnya sah-sah aja sih kalau kayak gitu juga tapi jamin deh efeknya capek! Capek banget. Karena saat karya kamu gak dihargain atau banyak orang yang melewati karya kamu ujung-ujungnya kamu bakal males buat berkarya lagi.

Ah males. Ngapain nulis, ngapain nge-vlog, bikin content capek-capek orang gak ada yang apresiasi sama karya kita. Udah ah stop cari yang lain aja.

Pernah kayak gitu? Ya gitu. Bener. Aku jadi inget kenapa dulu pas sekolah agama, guru ngaji aku suka bilang kalau mau melakukan apa-apa niatnya harus karena Allah SWT.  Intinya apa? Ya kita ikhlas. Berarti kalau kita udah berkarya dengan niat karena Allah ya kita udah gak peduli sama yang namanya viewers – nya banyak atau enggak, udah gak peduli lagi orang mau suka atau enggak sama karya kita; selama konten karya kita itu baik, ngajarin hal-hal yang emang diajarkan oleh agama ya gak apa-apa maju terus pantang mundur.

Dari situlah aku belajar buat mengenyampingkan urusan viewerslike and dislike nya pembaca nanti, comment. Aku rubah polanya kalau semua itu adalah bonus. Aku dulu pernah baca atau denger dari seorang penulis siapa gitu, kalau kalian tahu bisa tulis comment di bawah ya, karena pada akhirnya nanti setiap penulis pasti akan menemukan pembacanya masing-masing. Ibaratnya lagi nyari jodoh. Nanti juga pasti akan ketemu kok. Saat ini hanya perlu usaha yang full dan juga ke-istiqomahan dalam menulis.

Fighting!

Ihat

Avatar

De Ihat

Hi! I'm Ihat. Here, I just want to share about my life, my thought, and also my feeling. Enjoy with me :)

You may also like...

1 Comment

  1. […] Siti Solihat : Belajar Ikhlas […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *