Catatan Harian

Check Before Buy Something!

Hari tadi adalah hari terakhir jadwal santri asuh aku kontrol ke dokter and as usually I as a her room guide must accompany to see the doctor. Well, karena antriannya panjang dan harus nunggu dokternya juga dari pada gabut dan kesel terus ngantuk finally we went to the canteen for buying some foods. Cuma ambil-ambil aja beberapa makanan yang kita mau tanpa di cek, bayar abis itu kita duduk kembali di kursi tunggu. Tanpa babibu kita buka satu snack yang sama dan langsung dimakan. Sambil ngunyah aku baca-baca tuh si bungkusnya dan kaget banget pas liat tanggal kadaluarsanya!

24 Agustus 2020

Keburu ketelen dong! Aku sama santri asuh aku saling tatapan terus aku tanya,

“Sekarang 2020 kan?”

“Iya Ukhti sekarang September 2020!”

Mampus udah! Kita berdua langsung cek makanan yang lain yang udah kita beli tadi. Alhamdulillahnya makanan yang lain aman tuh enggak kadaluarsa. Kita berdua sempet mikir dulu, malu dan juga ragu buat balikin itu makanan yang kadaluarsa. Soalnya makanannya udah kebuka dan emang kita juga sebagai pembeli teledor enggak ngecek dulu tanggal kadaluarsanya kapan. Tapi ya aku mikir lagi takutnya yang jaga kantin gak tahu terus orang lain beli makanan itu juga dan makanannya udah kadaluarsa kan berabe. Baiklah dengan mengumpulkan keberanian aku balik lagi ke kantin itu dan ya aku bilang ke penjaganya gini,

“A maaf sekarang itu kan udah September 2020 ya?” Sambil nyodorin snacknya diliatin tanggal kadaluarsanya.

Si Aa penjaga kantinnya mengerutkan kening sebentar dan dilihat dari raut mukanya kayaknya nahan malu. Dia ambil lagi snack yang baru sambil dilihat si tanggal kadaluarsanya dan benar saja ada beberapa yang emang udah lewat tanggal kadaluarsanya.

“Gak apa-apa A ini makanannya udah dibuka?” Kataku setelah aku menerima ganti snack yang udah kadaluarsa itu.

“Iya enggak apa-apa.” Jawab si Aa penjaga kantinnya.

Dari sana aku ingat kebiasaan aku sebelumnya kalau mau beli apa-apa biasanya suka dicek dulu tanggal kadaluarsanya. Lha tadi gak tahu kenapa langsung ambil gitu aja. Oh ya selain itu juga ini penting banget buat pedagang buat rajin ngecek barang-barang dagangannya. Ditakutkan ada yang udah kadaluarsa atau bungkusnya bolong digigit tikus misal. Kan kalau dikonsumsi bahaya juga. Terus yang dirugikan tetep aja yang jualnya. Bisa jadi kan si pembeli ngomong ke yang lain buat gak beli di toko itu misal karena makananya kadaluarsa.

Tau gak? Meski tadi keburu makan satu potong efeknya baru kerasa sekarang. Aku sakit perut, terus perutku kembung ditambah ditenggorokan itu si makanan kayak yang masih nempel dan bawaannya mual, pengen muntah. Semoga besok lekas sembuh.

So attention please! Check first before you buy something!

Love,

2 thoughts on “Check Before Buy Something!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *