BPNRamadan2021

Target di 2021

Sebenarnya saat target itu dibuat dan kenyatannya saat kita tidak bisa meraihnya itu membuat saya frustasi sendiri. Tepatnya di tahun sekian lah saya pernah membuat targetan hidup yang memang bisa dikatakan fantasis sekali sih, terlalu tinggi lah untuk bisa dicapai selama setahun itu alhasil saat tidak bisa diraih saya malah kecewa sama diri saya sendiri. Dari hal itulah saya belajar untuk tidak lagi membuat runtutan-runtutan target yang harus diraih oleh diri saya sendiri. Saya sadar, saya ini cuma manuisa biasa yang memiliki segala keterbatasan. Namun hal ini pula bukan menjadi alasan saya untuk jadi pecundang bahkan menyerah atas hidup saya dan membiarkannya mengalir seperti air. Oh tentu tidak. Tahun-tahun berikutnya saya hanya membuat tiga sampai lima tagret paling yang memang realistis dan mampu saya raih.

Di tahun 2021 ini beberapa target alhamdulillah sudah bisa saya raih, salah satunya adalah saya lulus tahun ini dan sedang menunggu wisuda bulan depan. Berikut ini adalah target saya di tahun 2021:

  1. Membaca Buku Minimal 15 Judul Buku
    Sedih sih mengingat tahun kemarin minim sekali bacaan buku saya. Tahun kemarin mungkin karena sibuk skripsi juga dan lebih fokus ke baca jurnal dan buku-buku penelitian, itu pun bukunya gak dibaca semua, nyari bab yang pentingnya aja. Inget banget tahun kemarin cuma bisa baca sekitar tiga sampai lima judul buku, itupun novel semua. Tahun ini berharap minimal 15 judul buku bisa dilahap. Meski sebenarnya udah lima bulan ini belum satu judul bukupun bisa terselesaikan. Huhuu. Harus bisa harus!
  2. Lunasin Hutang!
    Selain nguras otak, kuliah juga rupanya menguras isi dompet, karena kemarin-kemarin gaji kerja saya pas-pasan sehingga pas datang beberapa ujian membuat saya kelabakan dan akhirnya saya nekat untuk pinjam uang demi kelancaran kuliah. Alhamdulillah setelah beberapa ujian bisa terlewati dan biaya wisuda sudah lunas dibayar sekarang saya tinggal fokus membayar printilan hutang saya yang tinggal 20% lagi dari total seluruhnya. Yeay! Semangat kerja!
  3. Bisa Jadi Guru Bahasa Inggris
    Sesuai jurusan kuliah saya, bahasa Inggris saya berharap di akhir tahun nanti atau nanti pas lowongan CPNS dibuka saya ingin mendaftar untuk posisi ini. Saya sadar, jika ilmu tidak diamalkan maka ilmu itu hilang dengan sendirinya. Selain itu, dari kecil memang saya sangat ingin menjadi seorang guru. Karena bagi saya menjadi guru itu profesi yang menyenangkan.
  4. Bisa Dapat Penghasilan dari Blog
    Pengen banget lah nambah-nambah uang saku. Kemarin sempet daftar Google Adsense tapi gak tahu gimana gak ada kunjung persetujuan apa gimana terus kemarin beberapa plug in beramasalah jadi di reset ulang semua pluginnya. Lucunya plugin yang dipakai buat nyambungin ke Adsensenya sama ke hapus udah datanya ke hapus semua. Dan memang belum mengerti seluruhnya sih masih harus banyak belajar.

Well, itulah beberapa target yang ingin saya capai di tahun 2021 ini. Insya allah dengan langkah kecil, perlahan tapi konsisten semua bisa saya raih. Fighting!

Photo by Isaac Smith on Unsplash