Catatan Harian

Siapa Cinta Pertamamu?

Posted on

Aku hanya tersenyum jika mendapati pertanyaan semacam ini. Siapa? Oh tentu saja, aku tak perlu menyebutkan namanya hanya dalam hati pasti akan ku sebut namamu itu. Takkan berubah. Meski usiaku kini sudah 24 tahun dan kisah itu telah berlalu selama 12 tahun yang lalu, tetap hanya kamu yang akan menjadi cinta pertamaku. Meski aku tahu diantara kita tak pernah ada hubungan special kecuali hanya sebatas teman biasa.

            Kala itu usiaku 12 tahun. Bocah ingusan yang baru saja lulus SD dan terpaksa masuk sekolah keinginan orang tua karena keinginanku bertolak belakang dengan keadaan ekonomi keluargaku yang biasa-biasa saja. Alasan lainnya adalah agar pelajaran agamaku tetap terpenuhi meski tidak mondok di pesantren.

            Hari itu hari pertama masuk sekolah setelah selesai acara MOS satu minggu sebelumnya. Guru-guru masih sibuk mengurusi pembagian kelas. Aku sempat pindah-pindah kelas hingga akhirnya menetap di kelas A dan kebagian duduk di pinggir jendela bersama temanku yang saat itu tengah dimabuk asmara oleh kakak kelas kami. Setiap kali jeda pergantian guru tak henti-hentinya dia sering bercerita soal kakak kelasnya yang kini menjadi pacarnya. Aku sendiri hanya manggut-manggut dan sejujurnya malas mendengarkannya. Atau yang membuatku sebal adalah saat dia masuk kelas tiba-tiba datang memelukku dengan mulut komat-kamit soal pacarnya itu.

            Hingga akhirnya hari itu tiba. Setelah banyaknya murid baru dari sekolah lain yang pindah ke sekolah kami membuat kelas sebelah penuh tak terbendung dan mengharuskan memindahkan muridnya dari absen paling atas. Dua orang berhasil dipindahkan ke kelas kami meski beberapa temanku yang perempuan ada yang protes lantaran salah satu yang dipindahkannya itu adalah siswa idola mereka. Mereka tak terima jika idolanya itu dipindahkan ke kelasku. Sementara itu temanku yang satu kelas denganku malah bersyukur dan merasa sangat senang lantaran bisa satu kelas dengan laki-laki idolanya. Dan aku sendiri hanya menggeleng-gelengkan kepala dan malah mencibir,

            “Ganteng juga enggak. Biasa aja. Kenapa malah jadi bahan rebutan sih?”

            “Bukan masalah gantengnya. Dia itu pinter. Berkarisma lagi.” Jawab temanku yang menyambut kehadirannya dengan riang gembira.

            Rupanya aku termakan ucapanku.

            Disuatu hari saat aku sedang mencatat materi pelajaran dari bor dengan perasaan kesal lantaran masih belum betah sekolah di sini tiba-tiba dia yang duduknya berada di depanku menoleh kepadaku sambil tersenyum manis. Aku yang saat itu juga tak sengaja menoleh kepadanya langsung melongo melihat senyumnya itu.

            Di sisi lain hatiku tiba-tiba…

            DEG!

            Tanpa aku sadari rupanya aku mengalami love at first sight!

Photo by Christopher Beloch on Unsplash 

2 thoughts on “Siapa Cinta Pertamamu?

  1. Alvi Suryani

    May 8, 2021 at 12:53 pm

    Asik cinta monyet🤗🤗

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *